Kamis, 31 Desember 2015

Cara Cepat Dan Mudah Belajar Semaphore Pramuka Serta Ketentuan Mengirim Dan Menerima

Cara Cepat Belajar Semaphore Pramuka. Dalam pendidikan Pramuka, tidak lepas dari yang namanya Semaphore. pastinya setiap anggota pramuka sudah mengetahui apa kegunaan dari semaphore ini. salah satunya adalah untuk memperikan informasi kepada teman dengan isyarat bendera tanpa suara dari mulut. terkadang ada anggota pramuka menanyakan. "kak.. ngapain kita belajar semaphore.? sekarang kan zaman sudah canggih, kalo hanya mengirim pesang kenapa mesti susah-susah begini. kenapa gak pake sms atau BBM aja.." hahaha.. ini merupakan pertanyaan menjengkelkan, setiap pembina atau pelatih pramuka pasti bebrbeda jawabannya.

Cara Cepat Belajar Semaphore Pramuka


Cara Cepat Belajar Semaphore Pramuka


Semaphore merupakan teknik kepramukaan, dan harus dikuasai oleh setiap anggota pramuka, dimulai dari tingkat Penggalang, kalau ada pramuka siaga menguasai semaphore itu sangatlah luar biasa, dan semaphore ini termasuk dalam salah satu Syarat Kecakapan Umum (SKU) dan Kecakapan Khusus Juru Semboyan dan SKK Juru Isyarat Bendera.   Semaphore atau semafor ini dilakukan dengan menggunakan sepasang bendera yang berwarna merah kuning dengan ukuran 40x40 cm dengan gagang ukuran 50 Cm.  Dengan semaphore para angota pramuka dapat melatih daya ingat dan berguna dalam situasi darurat, misalkan di tengah hutan, memberikan tanda bahaya dari binatang buas, atau penyampain isyarat saat sekitar ada kebisingan.


Jika anda menghafal semaphore dengan metode hafal dari awal sampai akhir, mungkin akan merasa sulit. Dalam mempelajari semaphore, metode paling mudah adalah dengan teknik 8 penjuru angin, atau biasa disebut teknik "jarum Jam" Dengan metode ini, menghafalkan semaphore tidak diurutkan sesuai abjad,  tapi dikuasai perkunci terdiri dari 7 kunci.
Dalam metode ini posisi tangan disusun dalam 8 titik di sekeliling tubuh yang meliputi titik di bawah tubuh, kiri bawah tubuh, samping kiri tubuh, kiri atas tubuh, atas tubuh, kanan atas tubuh, samping kanan tubuh, dan kanan bawah tubuh. Selengkapnya lihat gambar berikut:


Cara Cepat Belajar Semaphore
Note: Lingkaran semphore metode 8 penjuru mata angin

Dalam Metode ini, kode isyarat semaphore,  perhuruf dibentuk dari posisi dua tangan sesuai dengan 7 kunci. Masing-masing kuncinya ditandai dan dinamai sesuai posisi salah satu tangan, dan akan terlihat seperti ini
  1. Kunci 1: Salah satu tangan berada di titik 1 dan tangan kedua berada di titik 2 - 8 sehingga terbentuk 7 huruf (kode isyarat semaphore) yang terdiri atas:
    (1) 1 dan 2   = Huruf A (5) 1 dan 6   = Huruf E
    (2) 1 dan 3   = Huruf B (6) 1 dan 7   = Huruf F
    (3) 1 dan 4   = Huruf C (7) 1 dan 8   = Huruf G
    (4) 1 dan 5   = Huruf D


  2. Kunci 2: Salah satu tangan berada di titik 2 dan tangan kedua berada di titik 3 - 8 sehingga terbentuk 6 huruf (kode isyarat semaphore) yang terdiri atas:
    (1) 2 dan 3   = Huruf H (4) 2 dan 6   = Huruf L
    (2) 2 dan 4   = Huruf I (5) 2 dan 7   = Huruf M
    (3) 2 dan 5   = Huruf K (6) 2 dan 8   = Huruf N
  3. Kunci 3: Salah satu tangan berada di titik 3 dan tangan kedua berada di titik 4 - 8 sehingga terbentuk 5 huruf (kode isyarat semaphore) yang terdiri atas:
    (1)3 dan 4   =Huruf O(4)3 dan 7   =Huruf R
    (2)3 dan 5   =Huruf P(5)3 dan 8   =Huruf S
    (3)3 dan 6   =Huruf Q


  4. Kunci 4: Salah satu tangan berada di titik 4 dan tangan kedua berada di titik 5 - 8 sehingga terbentuk 4 huruf (kode isyarat semaphore) yang terdiri atas:
    (1)4 dan 5   =Huruf T(4)4 Dan 7  =Huruf Y
    (2)4 dan 6   =Huruf U(5)4 dan 8   =TANDA SALAH
  5. Kunci 5: Salah satu tangan berada di titik 5 dan tangan kedua berada di titik 6 - 8 sehingga terbentuk 3 huruf (kode isyarat semaphore) yang terdiri atas:
    (1)5 dan 6   =TANDA ANGKA(3)5 Dan 6  =Huruf V
    (2)5 dan 7   =Huruf J


  6. Kunci 6: Salah satu tangan berada di titik 6 dan tangan kedua berada di titik 7 - 8 sehingga terbentuk 2 huruf (kode isyarat semaphore) yang terdiri atas:
    (1)6 dan 7   =Huruf W(2)6 Dan 8  =Huruf X
  7. Kunci 7: Salah satu tangan berada di titik 7 dan tangan kedua berada di titik 8 sehingga terbentuk 1 huruf (kode isyarat semaphore) yaitu:
    (1)7 dan 8   =Huruf Z


Lebih jelasnya tentang kode isyarat semaphore masih-masing huruf, seperti gambar berikut:

Kode isyarat sempahore per kunci
Dengan menggunakan metode 8 Penjuru Mata Angin ini, belajar semaphore pasti akan menjadi lebih cepat dan mudah hafal. Cara menghafalkannya adalah dengan urut perkunci mulai dari kunci pertama hingga kunci ketujuh. Dengan berpatokan kunci pertama salah satu tangan berada di posisi satu, kunci kedua salah satu tangan berada di posisi dua dan seterusnya.

Ketentuan Dasar Mengirim atau Menerima Isyarat Semaphore

Isyarat semaphore diberikan secara berpasangan, artinya terdiri atas dua pihak di mana satu pihak sebagai pengirim dan pihak lainnya sebagai penerima. Dalam menyampaikan dan menerima isyarat semaphore terdapat beberapa ketentuan yang antara lain:

  1. Pengirim dan penerima isyarat semaphore saling berhadapan dan memakai bendera semaphore.
  2. Sikap tubuh tegak dengan kedua kaki agak terbuka. Posisi bendera disilangkan di bawah tubuh (posisi siap / tutup).
  3. Untuk memulai pengiriman, pengirim memberikan isyarat "Tanda Perhatian" berupa huruf "R - Tutup" atau "U - R" secara berulang-ulang.
  4. Jika penerima telah siap, penerima mengirimkan huruf "K" sedangkan jika belum siap penerima mengirim huruf "Q".
  5. Setelah penerima siap, pengirim mulai mengirimkan berita (pesan) huruf perhuruf. Setiap satu kata ditutup dengan "posisi tutup".
  6. Apabila penerima dapat menerima (membaca) pesan perkata, penerima mengirimkan isyarat huruf "C". Sedangkan jika tidak paham (tidak dapat menerima dengan baik), pengirim mengirimkan isyarat huruf "I-M-I". Pengirim mengulangi mengirimkan kata terakhir yang tidak dipahami penerima.
  7. Apabila pengirim keliru mengirimkan pesan, pengirim mengirimkan isyarat "Tanda Salah" atau mengirimkan huruf "E - Tutup" delapan kali kemudianmengulangi mengirim satu kata terakhir yang keliru.
  8. Jika semua pesan (berita) sudah selesai disampaikan, pengirim mengirimkan huruf "A-R" dan penerima membalasnya dengan huruf "R" jika telah dapat menerima semua pesan.
  9. Untuk mengirimkan angka, terlebih dahulu diawali dengan isyarat "Tanda Angka" (posisi 5-6) kemudian kirimkan angka dengan ketentuan angka 1 = A; 2 = B; 3 = C; 4 = D; 5 = E; 6 = F; 7 = G; 8 = H; 9 = I; dan 0 = J. Jika pengiriman angka sudah selesai dan hendak berganti mengirim huruf kirimkan isyarat huruf "J" atau "V".
Jika Anda belum bisa, cobalah dengan menghafal gerakan per huruf. dari A sampai E ulangi beberapa kali dan dilanjutkan ke  F samapi J kemudian sampai seterusnya. Disaat anda sudah mulai menguasai gerakan yang tepat seringlah mengulanginya setiap hari, kalo bisa jadikan ini sebagai senam anda setiap pagi, tidak mesti anda menggunakan bendera Semaphore. dengan kedua tangan anda juga sudah cukup.
Cara Cepat Belajar Semaphore Pramuka 
Mendapatkan gerakan cepat menggunakan bendera. mulailah dengan kata yang memiliki suku kata yang mudah diingat dan praktekkan ini dengan tepat dengan bergantian posisi. penerima dan pemberi isyarat.
Setelah anda menguasai gerakan huruf  mulailah dengan gerakan angka. 1-5 dan seterusnya secara perlahan.
Intinya dalam penguasaan Belajar Semaphore harus dengan membiasakan dan singkron.  Semaphore akan berguna jika kedua pihak singkron dan mengerti. penerima dan pemberi isyarat. pemberi isyarat yang salah sudah bisa dipastikan pemerima juga akan keliru. 
 
Demikian cara cara cepat dan mudah menghafal semaphore serta ketentuan mengirim dan menerimanya. Semoga bermanfaat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar